Daftar Blog Saya

Senin, 04 Januari 2010

FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG PERCEPATAN PENGGUNAAN INTERNET DI INDONESIA

TUGAS 1
NAMA : DAMAYANTI SEKAR PAWESTRI
NPM : 10506049
KELAS : 4 PA 01

FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG
PERCEPATAN PENGGUNAAN INTERNET DI INDONESIA

Sejarah internet Indonesia berawal pada awal tahun 1990-an, saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.
RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
Di tahun 1989-1990-an, teman-teman mahasiswa Indonesia di luar negeri mulai membangun tempat diskusi di Internet, salah satu tempat diskusi Indonesia di Internet yang pertama berada di indonesians@janus.berkeley.edu. Berawal dari mailing list pertama di Janus diskusi-diskusi antar teman-teman mahasiswa Indonesia diluar negeri pemikiran alternatif beserta kesadaran masyarakat ditumbuhkan. Pola mailing list ini ternyata terus berkembang dari sebuah mailing list legendaris di janus, akhirnya menjadi sangat banyak sekali mailing list Indonesia terutama di host oleh server di ITB & egroups.com. Mailing list ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia.
FAKTOR PENGHAMBAT
Penghambat (barrier) dalam pengaksesan internet di Indonesia. Menurut saya, penghambat yang cukup menjadi faktor dominan adalah:
1. Mahalnya biaya akses internet
2. Infrastruktur yang kurang memadai
3. Ketidaktahuan atau kurangnya kesadaran akan kebutuhan Internet.
Selain itu tingkat pendidikan masyarakat Indonesia yang masih rendah juga menjadi penghambat berkembangnya internet. Diharapkan pemerintah dan kita bersama-sama dapat memajukan penggunaan internet di Indonesia, bukan hanya dari segi jumlahnya namun juga dari segi content layanan yang tersedia di Indonesia.

FAKTOR PENDORONG

Pendorong perkembangan internet adalah daya tarik internet yang meliputi communication, information retrieval dan information search (Laudon & Laudon, 2000).
Dalam hal daya tarik komunikasi, internet menawarkan berkomunikasi secara elektronik yang relatif mudah dan murah. Internet juga memberikan kemungkinan dan kemudahan untuk mencari dan mengakses berbagai macam informasi khususnya pemanfaatan internet sebagai media riset. Kenutuhan akan informasi juga sangat mendorong berkembangnya internet di indonesia karena memang begitu mudahnya mendapatkan informasi melalui internet.
Ditambah lagi dengan semakin banyaknya ISP atau perusahaan yang menyediakan layanan internet dengan biaya yang cukup bersaing sesuai dengan layanan yang diberikan, Kemudian sudah banyak juga sekolah dari tingkat sekolah dasar bahkan sampai perguruan tinggi yang sudah menggunakan teknologi internet sebagai mata pelajaran wajib yang bagi siswanya. Oleh karena itu mau tidak mau bagi para siswa sedikitnya harus bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada di internet.

DAFTAR PUSTAKA
http://cokde.blogspot.com/
http://www.e-dukasi.net/pengpop/pp_full.php?ppid=278&fname=materi_2.html
http://www.asep-hs.web.ugm.ac.id/artikel/INTRANET DAN INTERNET/internet sebagai media riset.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar